langkah – langkah untuk membuat Sales Order, Delivery Note, Sales Invoice, and Receipt Voucher dari Customer :

Berikut ini langkah – langkah untuk membuat Sales Order, Delivery Note, Sales Invoice, and Receipt Voucher dari Customer :
  1. 1. Untuk membuat Sales order, pada menu Gateway of Tally pilih Order Voucher.




  1. Lalu pilih : sales order
  1. Lalu isi no. sales order, tanggal, nama customer, sales ledger, and nama barang.




  1. Setelah mengisi nama barang, isi juga due date (tanggal pengiriman barang ke customer), lalu isi juga lokasi, jumlah barang, dan harga barang. seperti contoh di bawah ini :


  1. Lalu jika barang yang akan dikirim dikenakan pajak, maka isi juga Vat Out 10% seperti di bawah ini :




  1. Lalu isi juga catatan narasi untuk sales order tersebut, seperti contoh di bawah ini :




  1. Lalu pilih : Yes untuk menyimpan sales order tersebut.




  1. 8. Setelah membuat sales order, langkah selanjutnya adalah membuat delivery note.  Untuk membuat Delivery note, pada menu Gateway of Tally pilih Inventory Vouchers


  1. Lalu pilih Delivery Note




  1. Lalu isi no delivery note, tanggal, dan nama customer seperti contoh di bawah ini :




  1. Lalu isi no order sesuai no Sales Order yang telah dibuat, seperti contoh di bawah ini :




  1. Setelah memilih no Sales order, tampilan di Tally akan seperti di bawah ini :




  1. Lalu pilih : end of list, dan pilih : Accept.
  2. Sehingga secara otomatis Tally akan menampilkan item barang yang akan dikirm sesuai dengan Sales order yang telah dibuat sebelumnya. Seperti contoh di bawah ini ::




  1. Lalu ketika kita Klik nama barang, tampilannya akan seperti di bawah ini :




  1. Lalu isi catatan narasi dari Delivery Note, seperti contoh di bawah ini :




  1. Lalu pilih : Yes untuk menyimpan Delivery Note yang telah dibuat, seperti di bawah ini:




  1. 18. Setelah membuat delivery note, langkah selanjutnya adalah membuat Sales Invoice.  Untuk membuat Sales Invoice, pada menu Gateway of Tally pilih Accounting Vouchers


 
  1. Lalu pilih Sales


  1. Lalu isi no. Sales Invoice, tanggal, nama customer, seperti contoh di bawah ini :




  1. Lalu pilih no Delivery Note yang akan dibuatkan Sales Invoice seperti contoh di bawah ini :




  1. Lalu secara otomatis Tally akan menampilkan No. Sales order seperti contoh di bawah ini :




  1. Setelah  pilih : Accept, maka tampilan selanjutnya akan otomatis menampilkan barang yang akan dibuatkan Sales Invoice, seperti contoh di bawah ini :




  1. Lalu isi catatan narasi dari Sales Invoice, Seperti contoh di bawah ini :




  1. Lalu pilih : Yes untuk menyimpan Sales Invoice


  1. 26. Setelah  membuat Sales Invoice, langkah selanjutnya adalah membuat Receipt Voucher dari customer.  Untuk membuat Receipt Voucher , pada menu Gateway of Tally pilih Accounting Vouchers




  1. Lalu pilih Receipt


  1. Lalu isi tanggal, nama akun kas / bank yang menerima pembayaran dari customer, seperti contoh di bawah ini :




  1. Lalu isi nama customer




  1. Lalu pilih no dari Sales Invoice yang akan diterima pembayarannya dari Customer




  1. Sehingga secara otomatis tampilannya akan seperti di bawah ini :


  1. Lalu isi catatan narasi dari Receipt Voucher, seperti contoh di bawah ini :


 
  1. Lalu pilih : Yes untuk menyimpan Receipt Voucher yang telah dibuat

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah - langkah untuk membuat Rejection In, dan Credit Note

Cara membuat Purchase Order , Receipt Note, Purchase Voucher, dan Payment