langkah – langkah untuk membuat Sales Order, Delivery Note, Sales Invoice, and Receipt Voucher dari Customer :
Berikut ini langkah – langkah untuk membuat Sales Order, Delivery Note, Sales Invoice, and Receipt Voucher dari Customer :
- 1. Untuk membuat Sales order, pada menu Gateway of Tally pilih Order Voucher.
- Lalu pilih : sales order
- Lalu isi no. sales order, tanggal, nama customer, sales ledger, and nama barang.
- Setelah mengisi nama barang, isi juga due date (tanggal pengiriman barang ke customer), lalu isi juga lokasi, jumlah barang, dan harga barang. seperti contoh di bawah ini :
- Lalu jika barang yang akan dikirim dikenakan pajak, maka isi juga Vat Out 10% seperti di bawah ini :
- Lalu isi juga catatan narasi untuk sales order tersebut, seperti contoh di bawah ini :
- Lalu pilih : Yes untuk menyimpan sales order tersebut.
- 8. Setelah membuat sales order, langkah selanjutnya adalah membuat delivery note. Untuk membuat Delivery note, pada menu Gateway of Tally pilih Inventory Vouchers
- Lalu pilih Delivery Note
- Lalu isi no delivery note, tanggal, dan nama customer seperti contoh di bawah ini :
- Lalu isi no order sesuai no Sales Order yang telah dibuat, seperti contoh di bawah ini :
- Setelah memilih no Sales order, tampilan di Tally akan seperti di bawah ini :
- Lalu pilih : end of list, dan pilih : Accept.
- Sehingga secara otomatis Tally akan menampilkan item barang yang akan dikirm sesuai dengan Sales order yang telah dibuat sebelumnya. Seperti contoh di bawah ini ::
- Lalu ketika kita Klik nama barang, tampilannya akan seperti di bawah ini :
- Lalu isi catatan narasi dari Delivery Note, seperti contoh di bawah ini :
- Lalu pilih : Yes untuk menyimpan Delivery Note yang telah dibuat, seperti di bawah ini:
- 18. Setelah membuat delivery note, langkah selanjutnya adalah membuat Sales Invoice. Untuk membuat Sales Invoice, pada menu Gateway of Tally pilih Accounting Vouchers
- Lalu pilih Sales
- Lalu isi no. Sales Invoice, tanggal, nama customer, seperti contoh di bawah ini :
- Lalu pilih no Delivery Note yang akan dibuatkan Sales Invoice seperti contoh di bawah ini :
- Lalu secara otomatis Tally akan menampilkan No. Sales order seperti contoh di bawah ini :
- Setelah pilih : Accept, maka tampilan selanjutnya akan otomatis menampilkan barang yang akan dibuatkan Sales Invoice, seperti contoh di bawah ini :
- Lalu isi catatan narasi dari Sales Invoice, Seperti contoh di bawah ini :
- Lalu pilih : Yes untuk menyimpan Sales Invoice
- 26. Setelah membuat Sales Invoice, langkah selanjutnya adalah membuat Receipt Voucher dari customer. Untuk membuat Receipt Voucher , pada menu Gateway of Tally pilih Accounting Vouchers
- Lalu pilih Receipt
- Lalu isi tanggal, nama akun kas / bank yang menerima pembayaran dari customer, seperti contoh di bawah ini :
- Lalu isi nama customer
- Lalu pilih no dari Sales Invoice yang akan diterima pembayarannya dari Customer
- Sehingga secara otomatis tampilannya akan seperti di bawah ini :
- Lalu isi catatan narasi dari Receipt Voucher, seperti contoh di bawah ini :
- Lalu pilih : Yes untuk menyimpan Receipt Voucher yang telah dibuat
kurang detail
BalasHapus