Langkah - langkah untuk membuat Rejection In, dan Credit Note

Berikut ini adalah langkah - langkah untuk membuat Rejection In, dan Credit Note :
  1. Sebelum membuat Rejection in dan Credit note, maka kita harus membuat Sales Order, Delivery Note, Sales Invoice terlebih dahulu. Untuk membuat Sales order, pada menu Gateway of Tally pilih Order Voucher.

  1. Lalu pilih : sales order
  1. Lalu isi no. sales order, tanggal, nama customer, sales ledger, and nama barang.


  1. Setelah mengisi nama barang, isi juga due date (tanggal pengiriman barang ke customer), lalu isi juga lokasi, jumlah barang, dan harga barang. seperti contoh di bawah ini :


  1. Lalu jika barang yang akan dikirim dikenakan pajak, maka isi juga Vat Out 10% seperti di bawah ini :


  1. Lalu isi juga catatan narasi untuk sales order tersebut, seperti contoh di bawah ini :


  1. Lalu pilih : Yes untuk menyimpan sales order tersebut.



  1. Setelah membuat sales order, langkah selanjutnya adalah membuat delivery note.  Untuk membuat Delivery note, pada menu Gateway of Tally pilih Inventory Vouchers

  1. Lalu pilih Delivery Note


  1. Lalu isi no delivery note, tanggal, dan nama customer seperti contoh di bawah ini :



  1. Lalu isi no order sesuai no Sales Order yang telah dibuat, seperti contoh di bawah ini :


  1. Setelah memilih no Sales order, tampilan di Tally akan seperti di bawah ini :


  1. Lalu pilih : end of list, dan pilih : Accept.
  2. Sehingga secara otomatis Tally akan menampilkan item barang yang akan dikirm sesuai dengan Sales order yang telah dibuat sebelumnya. Seperti contoh di bawah ini ::


  1. Lalu ketika kita Klik nama barang, tampilannya akan seperti di bawah ini :


  1. Lalu isi catatan narasi dari Delivery Note, seperti contoh di bawah ini :


  1. Lalu pilih : Yes untuk menyimpan Delivery Note yang telah dibuat, seperti di bawah ini:



  1. Setelah membuat delivery note, langkah selanjutnya adalah membuat Sales Invoice.  Untuk membuat Sales Invoice, pada menu Gateway of Tally pilih Accounting Vouchers


  1. Lalu pilih Sales

  1. Lalu isi no. Sales Invoice, tanggal, nama customer, seperti contoh di bawah ini :


  1. Lalu pilih no Delivery Note yang akan dibuatkan Sales Invoice seperti contoh di bawah ini :



  1. Lalu secara otomatis Tally akan menampilkan No. Sales order seperti contoh di bawah ini :


  1. Setelah  pilih : Accept, maka tampilan selanjutnya akan otomatis menampilkan barang yang akan dibuatkan Sales Invoice, seperti contoh di bawah ini :


  1. Lalu isi catatan narasi dari Sales Invoice, Seperti contoh di bawah ini :



  1. Lalu pilih : Yes untuk menyimpan Sales Invoice


  1. Setelah membuat Sales Invoice, maka kita baru bisa membuat Rejection in atas barang yang diretur oleh Customer.  Untuk membuat Rejection in, pada menu Gateway of Tally pilih Inventory Vouchers

  1. Lalu pilih : rejection in

  1. Kemudian isi no rejection in, tanggal, Ledger a/c, nama customer, seperti contoh di bawah ini :



  1. Lalu isi nama barang dan jumlah yang diterima dari Customer, seperti contoh di bawah ini :

  1. Lalu pilih : yes untuk menyimpan rejection in voucher.



  1. Setelah membuat rejection in, langkah selanjutnya adalah membuat credit note. Untuk membuat credit note, pada menu Gateway of Tally choose Accounting Vouchers

  1. Kemudian pilih credit note



  1. Lalu isi no credit note, nama customer, dll, seperti contoh di bawah ini :


  1. Kemudian pilih tracking no seusai dengan no rejection in yang telah dibuat sebelumnya


  1. Sehingga secara otomatis Tally akan menampilkan nama barang yang akan dibuat Credit Note, seperti contoh di bawah ini :


  1. Karena pada saat penjualan dikenakan VAT OUT 10%, maka kita juga harus input VAT OUT 10% pada Credit note voucher, seperti contoh di bawah ini :

  1. Kemudian simpan credit note voucher.

  1. Setelah membuat Credit Note, langkah selanjutnya adalah membuat Receipt Voucher. Namun karena contoh di atas jumlah nilai pada Sales Invoice sama dengan jumlah nilai yang di Credit Note, Maka tidak ada Receipt Voucher yang harus diterima dari Customer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

langkah – langkah untuk membuat Sales Order, Delivery Note, Sales Invoice, and Receipt Voucher dari Customer :

Cara membuat Purchase Order , Receipt Note, Purchase Voucher, dan Payment